Rabu, 06 November 2013

"Jerawat Oh Jerawat"

Jerawat? Semua orang pasti pernah melihat fenomena  yang terjadi di kulit ini. Kalau ada yang bilang belum pernah melihat, kemungkinan dia adalah mahluk dari planet lain atau bisa juga anak-anak balita yang masih belum faham, hihihi. Biasanya jerawat ini tumbuh tanpa dirawat. Tentu saja, mana ada orang yang dengan sengaja menumbuhkan jerawat di wajahnya. Haloo!
Nah, pemirsa. Pada tulisanku kali ini, aku sengaja membahas tentang masalah kulit ini. Bukan jerawat secara umum sih, tapi khusus jerawat yang tumbuh di wajahku. Hiks. Singkat cerita beberapa akhir-akhir ini tiba-tiba saja aku menemukan sebuah fenomena yang kurang wajar di wajahku. Wajahku yang dulu terlihat bersih, dan hanya ditumbuhi jerawat kalau pas menjelang hari 'H' saja (menstruasi maksudnya), belakangan menjadi rajin ditumbuhi jerawat meskipun sedang jauh dari siklus haid. Waduh, kenapa bisa begitu ya?

Karena merasa mulai jengkel dengan keberadaan jrawi-jrawi itu dimukaku, akhirnya aku melakukan analisis terhadap perilaku berkosmetikku akhir-akhir ini. Dan ternyata dari hasil investigasi itu kutemukan banyak sekali penyelewengan-penyelewengan yang telah kulakukan. Dimana akibat dari penyelewengan tersebut, akhirnya menyebabkan wajahku diserang bakteri yang memunculkan jerawat. Huft.
Penyelewengan apakah itu? Mari kita cari tahu jawabannya. Ternyata, beberapa bulan terakhir ini aku yang biasanya memakai compact powder merk cxxxxx telah berpindah hati ke bedak two way cake dengan merk yang sama. Hmm, padahal wajahku ini tipikal berminyak dan berkomedo. Seharusnya aku kan tidak boleh memakai bedak two way cake, karena itu bisa menyumbat pori-pori yang akhirnya menyebabkan komodeku makin parah dan jerawat pun kemudian tumbuh. Nah, itu kesalahan pertamaku. Kesalahan keduaku ternyata diakibatkan karena aku berganti pembersih wajah yang terdiri dari facial wash dan tonernya. Dulu aku sangat setia dengan produk dari pxxx, tapi kemudian aku tergoda dengan produk lain yang berlabel organic. Karena kepincut dengan lebel organicnya, akhirnya dengan penuh keyakinan aku mulai menggunakan produk tersebut. Tapi, ternyata keputusanku salah. Semenjak memakai produk itu wajahku jadi bruntusan, dan endingnya bruntus-bruntus itu kemudian jadi jerawat. Duh, gemes deh jadinya.
Niat hati ingin mencari produk alami, malah wajahku jadi bermasalah. Di awal-awal pemakaian aku fikir bruntusan itu hanya merupakan reaksi penyesuaian saja, tapi ternyata setelah hampir tiga bulan berlalu, kondisiku wajahku masih saja sama (tetap bruntusan dan muncul jerawat-jerawat kecil). Aku bertahan selama tiga bulan karena produk yang aku pakai itu memang tidak kunjung habis meski telah dipakai berbulan-bulan. Sayang banget kan, jika harus dibuang, belinya kan lumayan mahal.

Tapi...idih, enggak enak banget memandang wajahku dicermin. Dari dahi, hidung, pipi kiri kanan, semua hampir rata ditumbuhi jerawat. Merasa sangat kurang nyaman dengan kondisi ini, akhirnya aku menghentikan pemakaian produk itu. Bedak two way cake-nya pun aku ganti dengan bedak tabur biasa. Aku pun rajin mengoleskan obat jerawat dari beberapa merk ke wajahku. Hmm. Lalu apakah setelah itu jerawatku langsung menghilang? Ternyata tidak pemirsa. Huhuhu....makin malas berkaca saja diriku. Jerawatku ternyata sangat bandel dan sepertinya enggan hengkang dari wajahku. 

Apa yang harus aku lakukan? Haruskah aku pergi ke dokter kulit untuk melakukan perawatan? Hadueh kan, mahaaal!?@#

Di masa-masa galau itu, secara kebetulan ada salah satu tetangga yang berbagi info denganku. Karena melihat wajahku yang kini ditumbuhi jerawat, tanpa aku minta dia berbagi pengalaman tentang masalah jerawat yang juga pernah melandanya. Setelah mendengar cerita tetanggaku itu secara langsung, aku jadi ragu untuk melakukan perawatan ke dokter kulit.
Dan, akhirnya dengan berbagai pertimbangan aku pun memutuskan untuk tidak melakukan perawatan ke dokter. Back to nature saja pikirku. Nyari cara yang alami dan murah meriah. Selain tidak mengancam stabilitas dompet, cara pengobatan jerawat dengan menggunakan ramuan yang alami ini insyaallah aman dan tidak menimbulkan efek samping yang negatif.

Here we go....kita cek cara alami apakah yang aku lakukan. Hehe.

Sebenarnya banyak sekali cara alami yang bisa kita tempuh untuk mengobati jerawat. Dan, hal ini pasti sudah sangat sering ditulis dan diulas di blog maupun media lainnya. Iya begitulah. Memang cara alami yang aku tempuh ini bukan merupakan hal yang baru. Banyak sekali dari kita yang sudah ramai mengetahuinya. 
Mengobati jerawat dengan ramuan lidah buaya yang memiliki bahasa keren aloe vera. Yups, itulah ramuan alami yang aku pakai. Caranya sangat mudah sekali pemirsa. Cukup dengan mencuci bersih lidah buaya yang akan kita balurkan di wajah dengan air bersih. Kemudian belah  dan ambil lendirnya, lalu gosokkan di wajah kita yang sebelumnya sudah dibersihkan terlebih dahulu. Diamkan selama beberapa menit sampai kering. Setelah itu baru deh dicuci. 

Dengan melakukan perawatan ini secara rutin, alhamdulilah akhirnya jrawi-jrawi itu pun mulai berkurang. Dan saat aku menuliskan ini, wajahku sudah tampah lebih bersih dari keadaan sebelumnya. Oya, pemirsa. Selain menggunakan lidah buaya, ada juga ramuan lain yang juga bisa berfungsi untuk menyembuhkan jerawat. Tomat, kentang, ketimun. Tomat untuk mempercepat pengeringan jerawat, kentang untuk menghilangkan bekas jerawatnya. Dan, ketimun untuk membuat wajah kita tampil lebih segar. Selain itu juga masih ada cara lainnya, yaitu dengan mengkompres bagian wajah  kita yang berjerawat dengan es batu. 

Nah, agar semua bisa lebih efektif. Pola makan dan kebiasaan kita pun harus di perhatikan. Konon orang yang wajahnya mudah jerawatan, sebaiknya tidak terlalu sering mengkonsumsi makanan cepat saji seperti ; mie instan, coklat, dan snakc-snack manis. Membersihkan wajah pun harus lebih rutin dan teratur. Hindari stress, banyakin minum air putih. Dan yang perlu diingat untuk pemakaian make upwajah, kalau bisa hindari pemakaian foundation dan bedak two way cake. Cukup memakai pelembab yang sesuai dengan jenis kulit wajah saja dan memakai bedak yang ringan. Ituh. 
Semoga tips-tips dariku tadi bermanfaat ya teman-teman :))

 Silakan dicoba :))

Tidak ada komentar: